Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memerbaiki File RAR yang Rusak atau Corrupt

Cara Memerbaiki File RAR yang Rusak atau Corrupt
Mungkin banyak dari Anda yang ketika mendownload sebuah file atau program tetapi berformat archive seperti .rar .zip .7zip dan sebagainya. semua format tersebut merupakan file archive yaitu berguna untuk menggabungkan banyak file menjadi satu serta di kompresi sehingga ukurannya lebih kecil dan efisien untuk Disk. Sebuah Archive sering mencakup pemeriksaan kesalahan atau checksum seperti CRC dan SHA yang gunanya mengetahui pengoreksian data apabila terjadi perubahan pada isi data archive.

Nah, Apa yang terjadi jika file yang anda download tersebut corrupt atau error? Tentu anda akan merasa geram karena file yang sudah anda unduh ternyata tidak dapat dibuka. File yang korupt dapat disebabkan ketika anda mendownload sebuah file, file tersebut tidak komplit atau tidak utuh.

Kesalahan Yang Biasa Ditemui Selama Ekstraksi File RAR

Kesalahan atau error ketika sedang mengekstrak archive atau file yang paling sering ditemui seperti checksum error, error 0x80004005, Error 42125, CRC error, Unknown Format, Filename too long, Unexpected end of file error, No files to extract error atau The archive is corrupt

Cara Perbaiki File Archive RAR, ZIP, 7Zip Yang Error atau Corrupt

Memperbaiki file atau archive baik itu format RAR, ZIP, 7Zip tidaklah mudah karena apabila data corupt nya parah maka tidak dapat dikembaikan. Banyak software yang bertebaran diinternet yang bertujuan untuk memperbaiki file corrupt tersebut tetapi tidak semuannya berhasil. Untuk itu disini kita akan memperbaiki file yang corrupt atau error tersebut dengan menggunakan aplikasi WinRAR yang umum digunakan.
Cara 1 Apabila File Error ketika pertama dibuka:
  • Klik kanan pada archive yang ingin di extract, kemudian klik extraxt file
  • Pada bagian mischelanious klik pada Keep Broken file untuk menyimpan file yang terindikasi rusak namun masih dapat di repair

Cara Memerbaiki File RAR yang Rusak atau Corrupt

Cara 2 Apabila file Error ketika sedang extract, tetapi Archive masih dapat dibuka:
  • Buka Archive yang Corrupt
  • Klik pada menu tools > Repair Archive
  • Pada Archive Type biarkan pada default archive saja yaitu sesuai format archive bawaan
  • Kemudian Klik Ok untuk mulai memperbaiki Archive yang corrupt
Cara Memerbaiki File RAR yang Rusak atau Corrupt
Kedua cara tersebut dapat anda gunakan untuk memperbaiki data atau file yang rusak, dan dapat diterapkan pada semua jenis archive yang mendukung winRAR.

Post a Comment for "Cara Memerbaiki File RAR yang Rusak atau Corrupt"