Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

SEO Tools Gratis Untuk Membantu Meningkatkan Trafik Blog

SEO Tools Gratis Untuk Membantu Meningkatkan Trafik Blog
Belajar SEO (Search Engine Optimision) memang membutuhkan waktu lama dan cukup melelahkan karena harus melakukan riset-riset yang panjang dan mengerti tentang perbaikan sebuah website. Dalam melakukan riset tersebut tentunya kita membutuhkan sebuah tools yang dapat memudahkan kita dalam menganalisa dan mencari permasalahan pada website kita. Hal, ini sangat penting dilakukan karena jika anda belajar SEO maka akan banyak berhubungan langsung dengan Page One Google dan tentu saja itu merupakan tujuan dari semua blogger. Untuk itu disini ada beberapa tools yang banyak digunakan oleh para blogger ataupun digital marketing untuk membantu Optimasi blog atau website mereka menjadi responsif dan Page One Google.

Berikut beberapa website SEO Tools gratis yang dapat anda gunakan

1. Small SEO Tools
SmallSEOTool Gratis
Small SEO Tools adalah tools gratis yang memiliki segudang fungsi dalam meninjau dan mengoptimalkan sebuah website. Ada banyak pilihan yang dapat anda temukan disana, misalnya ingin mengecek artikel plagiat maka akan ada tools Plagiarism Checker pada web tersebut atau langsung ingin melihat SEO dari web anda maka ada tool SEO Checker. Semua tool-toolnya udah dapat digunakan dengan optimal.

https://smallseotools.com/


2. Google Analytics
Google Analytics Tool SEO
Merupakan tools yang digunakan untuk mengevaluasi sebuah web atau blog dan menampilkan statistik data secara keseluruhan. Tools ini sangat baik digunakan bagi anda yang ingin memantau trafik website anda.

https://analytics.google.com/analytics/web/


3. Web.dev 
web.dev tool SEO Free
Ini merupakan toos audit situs yang sama dengan Lighthouse, tools ini dapat digunakan untuk untuk meningkatkan Kinerja dari website anda mulai dari Status Web App Progresif, Aksesibilitas, Penggunaan praktik terbaik, dan Pengoptimalan mesin pencari.

https://web.dev/measure/


4. Duplichecker 
Duplichecker Check Plagiat
Tools ini untuk mengetahui apakah artikel yang akan anda submit memiliki kemiripan dengan artikel orang lain (plagiat) sehingga kita dapat mengedit artikel tersebut sebelum di publikasikan.
https://www.duplichecker.com/id

5. Ubersuggest (neilpatel)
Ubersuggest neilpatel
Tools ini sangat baik untuk anda yang ingin melakukan riset kata kunci atau Keyword untuk mengetahui search volume, SEO Difficulty, CPC dan Persaingannya. Bahkan disini akan memberikan mana keyword yang bagus untuk digunakan dan mana yang tidak. Sebenarnya dalam situs ini juga sangat lengkap dalam optimasi SEO misalnya ada menu Trafic Analyzer untuk mengetahui trafik website, SEO analyzer untuk mengetahui backlink dan audit site, serta Ubbersugest untuk riset kata kunci.
https://app.neilpatel.com/

6. Wordtracker
wordtracker tool
Sama halnya dengan ubersuggest, tools ini berfungsi untuk melakukan riset kata kunci atau keyword. Anda juga dapat melakukan inspect website untuk mengetahui Top keyword on Page pada website anda.
https://www.wordtracker.com/

7. WordCounter
Tools ini berguna untuk menghitung jumlah dan intensitas kata yang ada dalam artikel atau sebuah tulisan. Pada tools ini anda akan mengetahui jumlah kata, kalimat, paragraf, spasi, kata murni, jumlah titik, tanda tanya dan tanda seru.
https://www.orion-services.biz/

8. Tools untuk Kompres Gambar SEO
Merupakan tools optimasi gambar web, yang dapat mempercepat loading image pada website anda. Hal ini sangat penting untuk membuat foto tampak ramping dengan sedikit penurunan ukuran gambar.
Untuk kompres gambar agar lebih responsive anda dapat menggunakan 2 tools berikut:
https://kraken.io/web-interface
dan
https://compressjpeg.com/id/

Untuk tambahan pembelajaran dalam SEO website, berikut terdapat beberapa istilah yang sering ditemukan dalam SEO:

Singkatan Kepanjangan Pengertian Singkat
DA Domain Authority Menentukan Posisi Website pada mesin pencari
PA Page Authority Posisi Artikel ditunjang dari Domain yang baik
TB Total Backlink Banyaknya tautan yang masuk ke situs anda
QB Quality Backlink Nilai yang diperoleh untuk meningkatkan DA dan PA
PQ Page Quality Akumulasi dari jumlah backlink yang diperoleh
MT Moz Trust Tingkat kepercayaan atau Popularitas website
SS Spam Score Score yang dinilai buruk untuk website anda
OS On, Off page SEO score Presentase kualitas dari sebuah domain
MR Moz Rank Sama dengan Moz Trust yaitu Tingkat Popularitas website

Post a Comment for "SEO Tools Gratis Untuk Membantu Meningkatkan Trafik Blog"