Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Nonaktifkan Fungsi Copas di Blogspot Blogger Dengan CSS atau JavaScript

Nonaktifkan Fungsi Copas di Blogspot Blogger Dengan CSS atau JavaScript
Sebagian besar blogger menghadapi masalah konten blog mereka yang disalin atau diduplikasi oleh pemula yang baru saja masuk di dunia blogging dengan tujuan menghasilkan uang tanpa melakukan usaha untuk membuat konten yang unik, asli dan menarik. Terkadang konten yang di copy paste tersebut malah mendapatkan peringkat yang lebih tinggi di mesin pencari daripada konten asli yang telah Anda buat dengan susah payah dan akhirya menurunkan motivasi kepada blogger creator tersebut. Untuk itu sangat penting untuk melindungi konten blog Anda dari para pencuri konten yang sangat meresahkan tersebut.

Disini kita akan membuat artikel agar tidak bisa di copy paste dengan cara menonaktifkan fungsi klik kanan mouse dan CTRL+A. Kita akan menggunakan dua opsi pilihan yaitu, dengan menggunakan Kode JavaScript jika Anda ingin menonaktifkan seluruh area teks blog atau melalui kode CSS jika hanya ingin beberapa kode / teks di posting blog yang ingin di amankan.

Nonaktifkan Seleksi Teks (Copas) Pada Blogger Dengan Kode JavaScript

Masuk Dasboard Blogger > Buka Template > Blogger > Edit Template. Lebih baik Backup Kode Template Anda Terlebih dahulu sebelum melakukan ini. Sekarang cari kode <head> dan tempel Kode JavaScript di bawah ini.
<!--Disable Copy Paste--> <script language='JavaScript1.2'> function disableselect(e){ return false } function reEnable(){ return true } document.onselectstart=new Function (&quot;return false&quot;) if (window.sidebar){ document.onmousedown=disableselect document.onclick=reEnable } </script>
Sekarang simpan templat Anda dan lihat blog Anda untuk memeriksa hasilnya.

Nonaktifkan Seleksi Teks Kecuali Kode/Teks yang Ditentukan Dengan CSS

Ini merupakan sscript yang saya gunakan pada blog ini karena blog ini, karena membahas berbagi tutorial di mana pembaca perlu menyalin atau copy paste beberapa kode yang dibagikan seperti CSS / JavaScript / Html dll. Jadi siapapun  tidak dapat menyalin area teks postingan selain kode / Teks yang dbagikan. Ini dapat dilakukan dengan kode CSS sederhana ini di mana hanya mengaktifkan copy paste pada teks / kode di "blockquotes" saja.
Caranya Buka Blogger > Template > Edit Template. Jangan lupa Backup terlebih dahulu. Sekarang cari kode CSS ]]></b:skin> dan tempatkan script berikut sebelum Kode tadi.

/*----- Disable Text Selection with CSS Code----*/ .post blockquote { -webkit-user-select: text !important; -moz-user-select: text !important; -ms-user-select: text !important; user-select: text !important; } body { -webkit-user-select: none !important; -moz-user-select: -moz-none !important; -ms-user-select: none !important; user-select: none !important; }

Note :
Dalam kode CSS di atas, template menggunakan blockquotes, dan mungkin tidak akan berfungsi untuk anda yang menggunakan template CSS yang berbeda. atau anda dapat mencoba kode CSS berikut yang langsung akan mengeksekusi BODY sehingga semua kata dalam web anda tidak dapat disalin.

/*----- Disable Text Selection with CSS Code----*/ body { -webkit-user-select: none !important; -moz-user-select: -moz-none !important; -ms-user-select: none !important; user-select: none !important; }
Jika anda menginginkan untuk hanya beberapa bagian yang dapat disalin, anda dapat menerapkan script berikut:
.post-body {
user-select:none;
-moz-user-select:none;
-ms-user-select:none;
-khtml-user-select:none;
-webkit-user-select:none
}

Manfaat Menggunakan Kode CSS daripada JavaScript

1) Ketika menggunakan kode JavaScript, si Plagiat masih dengan mudah menyalin artikel anda dengan cara nonaktifkan kode JavaScript di dalam browser kemudian muat ulang halaman, maka semua teks artikel dapat disalin dengan mudah.

2) Kode CSS jauh lebih baik daripada JavaScripts karena script tersebut tidak menurunkan kecepatan blog / website Anda di mana kode JavaScript mengkonsumsi banyak waktu untuk memuat dan membuat kecepatan blog anda menurun. Hindari menggunakan JavaScripts.

Banyak peniru hanya menyalin dan berbagi karya Anda tanpa izin. Jadi lebih baik matikan fungsi salin atau copas di blogger Anda dengan script kecil atau melalui kode CSS diatas.

Post a Comment for "Nonaktifkan Fungsi Copas di Blogspot Blogger Dengan CSS atau JavaScript"