Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Membuat Blank Template/Reset Tema pada Blog Terbaru 2020


Ketika ingin membuat blog pasti hal pertama yang dilakukan adalah mengedit Template, Template pada sebuah Blog merupakan hal yang sangat penting untuk blogging, karena sebuah template berisi script atau code yang akan membuat konten kita dapat ditampilkan ke publik dengan baik. Untuk itu sering kali kita menotak-atik Widget ataupun isi Template secara terus-menerus untuk mendapatkan tampilan yang sesuai dengan keinginan blogger. Tak jarang juga seorang blogger sering mengganti-ganti Template untuk memastikan mendapatkan Tampilan blog terbaik yang nantinya akan ditampilkan ke internet.

Apabila pengeditan Template Blog dilakukan terus-menerus maka dapat menyebabkan Error pada template, yang akan membuat tampilan sebuah blog menjadi tidak teratur atau acak-acakan dan tidak sesuai dengan Preview Template yang dasarnya. Untuk itu, disarankan bagi blogger sebelum mengedit atau mengganti Template keseluruhan atau jika terjadi Error dan ingin memperbaiki template ulang lebih baik lakukan Blank Template atau reset template terlebih dahulu agar semua kode atau script yang ada di template menjadi bersih dan fresh serta siap untuk digunakan pada template yang baru. Dan bagi anda yang ingin memakai Blank Template untuk keperluan lain juga dapat menggunakan Tutorial yang akan dijelaskan berikut ini.

Cara Membuat Tampilan Blog Menjadi Blank atau Reset Template

1. Masuk ke akun Blogspot anda dan buka Blog yang akan diubah Templatenya
2. Pada Tampilan Dashboard Blogger, Masuk ke dalam menu “Tema / Template
3. Pada menu Tema, Klik tanda "titik tiga" Dashboard Blogger

Kemudian Pilih “Edit HTML” untuk masuk ke Settingan Template yang berisi Script Code.
Dashboard Blogger

4. Kemudian Ctrl+A pada Kode HTML Template untuk memblok semua script lalu Hapus semua kode script tersebut, dan Copy-Pastekan kode atau ganti dengan script berikut :

<html> <head> <title>Title of Blog</title> <b:skin> <![CDATA[ /****CSS CODE*****/ ]]> </b:skin> </head> <body> <b:section id="hello" class="hello"></b:section> <p>Have a Nice Day</p> </body> </html>
Penting : "Sebelum meletakkan script ke kode HTML lebih baik di pastekan ke dalam Notepad terlebih dahulu untuk mencegah script error" 
Berikut Contoh Script pada HTML :
HTML Template
HTML Template
Blank Script
Blank Script
5. Jika sudah selesai mengganti dengan kode tadi di atas, kemudian pilih “Save Tema/Template“ atau Klik saja Ikon 💾. Setelah itu Klik back dan anda bisa mengecek Tampilan Blog apakah tampilan sudah dalam keadaan Blank.

Apabila anda ingin mereset atau mengembalikan dengan Tema/Template bawaan (Default), maka cukup pilih Template yang sudah disediakan oleh Blogger di bagian Dashboard menu Tema/Template, kemudian klik Apply to Blog untuk menerapkan Tema Default.

Dengan begitu setelah melakukan reset template, anda dapat melakukan penggantian dan pengeditan Tampilan template blog anda dari awal tanpa kendala error dan tampilan widget yang berantakan. Semoga dengan artikel ini dapat membantu anda para Blogger agar lebih menguasai dunia blogging, Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Membuat Blank Template/Reset Tema pada Blog Terbaru 2020"