Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Fungsi Smad-Lock Smadav dan Kegunaannya

Fungsi Smad-Lock Smadav dan Kegunaannya
SMADAV merupakan antivirus asli buatan Indonesia dan merupakan Antivirus Lokal terbaik dari segi proteksi dan kecepatan dalam melakukan scanning virus. Dengan database yang mengutamakan temuan dari pengguna maka setiap file yang diupload ke lab Smadav akan diuji dan dicari pencegahannya. Smadav sendiri terdiri dari 2 versi yaitu Free dan Pro(Berbayar), fitur tambahan pada versi Pro yaitu Update secara otomatis, Scanning lebih cepat, Mengatur warna tema, exception list, membuat password, menghilangkan startup screen dan maximize atau resize. Antivirus lokal satu ini lebih memproteksi ke penyimpanan extenal seperti flashdisk, karena dari alat penyimpanan external tersebut lah sebuah virus dapat dengan mudah berpindah.

Apa itu Smad-lock
Hal yang menarik mengenai SMADAV yaitu adanya fitur Smad-Lock dan SmaRTP yang merupakan fitur unggulan dari SMADAV. Smad-Lock adalah sebuah folder unik yang berfungsi untuk memproteksi file-file dari serangan virus di dalam alat penyimpanan data, sedangkan SmaRTP berfungsi untuk mencegah file eksekusi virus berjalan secara otomatis dari alat penyimpanan data (Autorun).

Smad-Lock akan memproteksi setiap file yang berada didalamnya dan akan memblokir autorun yang biasanya terpasang secara otomatis di perangkat external dengan cara mengganti file didalamnya dengan file proteksi dari SMADAV. Pada Folder smad-lock terdapat logo Segitiga di awal dan akhir yang menurut SMADAV mampu memproteksi file, karena dengan logo segitiga tersebut hanya aplikasi trusted atau terpercaya saja yang dapat dibuka. Jadi jika anda mempunyai file aplikasi (exe, bat, msi dll) kemungkinan tidak dapat dibuka, jadi untuk membukanya anda hanya perlu memindahkan file aplikasi atau execution file tersebut ke luar folder Smad-Lock. Beda halnya dengan file Dokumen seperti PDF, DOC, EXE dan lain sebagainya, jika anda membuka file tersebut dari aplikasi untrusted maka ada kemungkinan data akan terbaca corrupt atau error, nah untuk membukanya tinggal memindahkan ke folder lain, tetapi jika anda menggunakan Microsoft Office maka aman jika membuka langsung di folder tersebut.
Fungsi Smad-Lock Smadav dan Kegunaannya

Cara Mengaktifkan Smad-Lock
Untuk mengaktifkan Smad-Lock caranya sangat mudah, anda tinggal masuk ke SMADAV kemudian klik menu TOOLS kemudian pilih disk atau penyimpanan yang ingin dibuatkan folder Smad-Lock kemudian Klik Lock jika ingin mengaktifkan dan Unlock untuk mematikan.
Fungsi Smad-Lock Smadav dan Kegunaannya

Keuntungan Menggunakan Smad-Lock
Smad-Lock memiliki banyak kelebihan dari segi proteksi file tidak perlu diragukan lagi, karena jelas folder ini ibarat tembok yang dapat menahan serangan malware ganas. Apalagi yang sering ganti-ganti penyimpanan external seperti flashdisk ataupun harddisk eksternal, maka sangat disarankan menggunakan Smad-Lock tersebut.

Kesimpulan
Smad-Lock merupakan folder teraman untuk anda yang ingin menyimpan dokumen-dokumen penting. Meskipun Folder Smad-Lock tersebut kuat jangan anda mencoba untuk mengubah atau me-rename folder tersebut karena sudah terproteksi sendiri oleh Smadav dan jangan lupa juga untuk selalu mengupdate database dari antivirus yang anda gunakan saat ini karena SMADAV sendiri merupakan antivirus secondary bukan Antivirus utama yang dapat mencegah virus global yang super kuat.

Post a Comment for "Fungsi Smad-Lock Smadav dan Kegunaannya"