Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

11 Cara Mengatasi LAG Ketika Bermain Game Di HP Terbaru

Bermain game android di jaman sekarang sudah menjadi kegiatan yang sangat disukai oleh setiap kalangan baik itu anak-anak bahkan orang dewasa. Tak hanya sebagai pengisi waktu luang bahkan Game sekarang seperti kebutuhan bagi Sebagian orang. Tetapi, apa jadinya ketika kita sedang asyik bermain game yang kita sukai tiba-tiba game tersebut lag, patah-patah atau malah force close atau error. Tentu saja anda akan merasa kesal karena tidak dapat memainkan game dengan baik di Smartphone anda. Lalu bagaimana cara mengatasinya?
Simpelnya sebuah barang elektronik Ketika digunakan setiap hari apakah itu untuk browsing, main game, nonton film dan lain-lain, pasti lama kelamaan performa dari smartphone tersebut akan menurun sehingga terjadi berbagai permasalahan seperti LAG dan lain sebagainya.
Mengatasi Lag Mobile Game
Kasus LAG memang sangat sulit untuk dihindari karena semakin lama Device kita tidak akan mampu menjalankan game-game terbaru yang tentunya membutuhkan spesifikasi yang jauh lebih baik pula. Namun ada beberapa tips dan trik yang dapat anda aplikasikan pada Smartphone anda Ketika sedang mengalami Lag saat bermain game, simak caranya berikut:

Cara mengatasi LAG, Force close atau error dan meningkatkan performa ketika bermain game
1. Setting Game ke Performa Standard atau Performa LOW
Jika HP yang tidak spek untuk bermain game namun tetap dipaksakan demi mendapat grafis yang memukau, maka yang terjadi adalah HP akan LAG, Patah-patah atau stuttering, Jadi gunakan settingan game standard atau Low dengan performa yang baik. Selain Game tidak LAG juga akan mengurangi Panas HP dan kerusakan Batrai HP.

2. Hindari Memori Internal Kepenuhan
Untuk menjalankan berbagai aplikasi dan system di android tentunya sebuah smartphone membutuhkan ruang memori bebas (Free Memory) untuk menjalankan aktifitas tersebut. kenapa demikian karena sebuah aplikasi tidak akan bisa membaca data aplikasi jika kapasitas memori penuh. Bahkan dalam kasus lain Android akan muncul error dan terjadi hang atau susah merespon. Tips ini berguna untuk anda yang ingin menjaga performa smartphone Ketika bermain game. Jadi jika ingin mencegah terjadinya crash dan error disarankan untuk memberikan ruang kosong pada memory, atau anda dapat menggunakan Memori Eksternal (Jika smartphone memiliki slot memori external) sebagai tempat menyimpan data yang sifatnya besar seperti Video, Foto, Musik dan sebagainya atau anda dapat membersihkan File yang tidak digunakan seperti Pesan Watsapp, line dan lain-lain atau meng-uninstall aplikasi yang tidak digunakan.

3. Selalu Update System Smartphone
Jika anda pengguna Android, usahakan untuk selalu mengupdate System Android anda, karena android selalu mengeluarkan update untuk perbaikan bug dan performa system dan tampilan. Dengan mengupdate device maka performa akan menjadi lebih baik karena device(perangkat) akan menjadi lebih kompatibel dengan aplikasi-aplikasi terbaru.

4. Bersihkan Cache Aplikasi
Cache pada aplikasi berguna untuk membantu aplikasi berjalan lebih cepat. umumnya setiap aplikasi akan membuat cache baru Ketika cache lama sudah tidak digunakan, namun ada Sebagian aplikasi yang tidak dapan menghapus cache secara otomatis untuk itu ada perlu menghapusnya secara manual agar tidak menumpuk dan menjadi besar. Menghapus cache tidak akan mengganggu kinerja system malah akan membuat lebih lancer.

5. Menggunakan Aplikasi Pembersih dan Pengoptimal Device
Sekarang smartphone sudah jauh berkembang, banyak Smartphone ternama sudah menyematkan Aplikasi pengoptimal system. Cara ini terbilang sangat simple karena anda tidak perlu susah-susah untuk mencari dan menghapus file sampah yang tidak dipelukan. Dengan aplikasi pemersih bawaan smartphone anda dapat membersihkan sampah, cache, free Memory(RAM), bahkan dapat mematikan aplikasi latar belakang dengan sekali klik saja. Jika tidak tersedia aplikasi bawaan anda dapat menggunakan Clean Master, ccleaner dan lain sebagainya.

6. Menggunakan Fitur Game Booster
Game Booster merupakan fitur yang sekarang sudah banyak ditemui pada smartphone untuk mengoptimalkan permainan, Smartphone sekarang sudah banyak dilengkapi fitur tersebut misalnya fitur Game Turbo pada Xiomi, fitur PerforMax pada Asus dan fitur AI Gaming Booster pada Samsung.

7. Mematikan Aplikasi Latar Belakang
Aplikasi yang kita tutup masih akan terbaca di system sebagai Background job (Aktivitas di Latar Belakang) sehingga jika anda membuka aplikasi banyak secara bergantian tanpa menghapus aplikasi yang sedang aktif di latar belakang akan membuat HP anda bekerja keras dan akhirnya HP anda akan Panas dan menjadi lambat. Oleh karena itu setiap anda selesai menggunakan suatu aplikasi dan ingin menggunakan aplikasi lain lebih baik anda tutup aplikasi sebelumnya, dan jangan biarkan aktif.

8. Menggunakan Jaringan Yang Stabil
Ketika bermain game online, tidak hanya device yang mumpuni tetapi kekuatan jaringan juga sangat menentukan dalam bermain game online, misalkan saja Ketika sedang asyik bermain tiba-tiba muncul connection timeout atau error jaringan lainnya yang dikarenakan sinyal internet Lemot. Untuk itu gunakanlah Jaringan berbasis 4G atau WiFi.

9. Restart Aplikasi dan Restart Smartphone
Jika masih lag maka anda dapat merestart aplikasi untuk mengurangi beban system karena dengan merestart aplikasi ibarat kita sedang me-refresh aplikasi tersebut, atau bila perlu anda dapat langsung me-restart HP anda agar lebih optimal.

10. Hindari Charging Sambil Bermain Game
Memang tidak enak apabila Ketika bermain game tiba-tiba batrai habis dan otomatis kita akan men-charge HP tersebut dan melanjutkan bermain bahkan hingga sudah 100% terisi penuh pun kita kadang lupa mmencabut charger tersebut dengan alasan agar dapat bermain terus tampa memikirkan baterai yang habis. Namun masalahnya Ketika anda bermain game sambal di charge maka perangkat HP anda akan cepat panas dan performa HP lama kelamaan akan menurun jika hal ini terus dilakukan, Oleh karena itu Matikan game Ketika sedang men-charg Smartphone anda karena smartphone juga perlu istirahat.

11. Ganti Smartphone(Handphone) Lama Dengan Yang Baru
Smartphone yang sudah jadul tentu tidak akan mampu mengimbangi spesifikasi yang ditawarkan game-game sekarang. Semakin baru atau Update sebuah game pasti ada peningkatan performa yang ditawarkan dan tentu saja spesifikasi yang dibutuhkan pasti juga akan meningkat. Untuk itu jika cara diatas tidak berhasil maka cara terakhir adalah membeli Smartphone terbaru dengan spesifikasi tinggi, tidak perlu Smartphone Gaming yang harganya selangit, karena sekarang sudah ada Smartphone murah denga spesifikasi tinggi yang sejajar dengan Smartphoe gaming.

Uraian diatas merupakan sedikit tips untuk mengurangi LAG di smartphone yang spesifikasinya kurang agar dapat bermain game seperti PUBG dengan lancar. Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "11 Cara Mengatasi LAG Ketika Bermain Game Di HP Terbaru"