Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mempercepat Koneksi WIFI dengan CMD

Cara Ampuh Mempercepat Koneksi WIFI dengan CMD
Saat ini internet menjadi kebutuhan setiap orang. Dengan internet kita dapat melakukan banyak hal seperti browsing, streaming, main game dll. Dan banyak sekali yang memanfaatkan akses Wifi untuk melakukan kegiatan tersebut. Namun, ketika sedang di tempat umum yang menyediakan akses Free wifi biasanya akan banyak sekali penggunanya dan kemungkinan akan mendapatkan koneksi yang bagus sedikit susah. Apalagi jika posisi anda lumayan jauh dari Wifi tersebut, sehingga koneksi-nya lemah.
Sebelum melakukan cara ini, lebih baik anda mengecek kecepatan koneksi wifi anda, sebagai bahan perbandingan, Untuk mengecek kecepatan koneksi Wifi anda dapat mengunjungi speedtest.net

Cara Mudah Mempercepat Koneksi Internet WIFI dengan CMD (Command Prompt)
Pertama anda membutuhkan sebuah laptop dengan system operasi Windows dan terhubung ke koneksi internet Wifi. Karena cara ini tidak dapat digunakan pada smartphone.

Menggunakan Ping DNS Server
Bukalah CMD dengan menjalakan hak Administrator(Run as Administrator). Administrator merupakan hak akses yang mengizinkan untuk melakukan perubahan pada system operasi windows. Untuk mengakses command prompt(CMD) silahkan buka search Windows kemudian ketikkan ‘cmd’, maka akan muncul Icon Kotak hitam,  klik kanan dan pilih ‘Run as Administrator’. Jika muncul Popup windows Klik saja ‘Yes’.
Setelah itu cari kode DNS Server dengan cara mengetik command ipconfig lalu tulis kode DNS pada Notepad atau dengan mengingatnya, posisi DNS Server biasanya tepat dibawah Default Gateway, dan ada 2 kode pilih saja kode yang atas.

Kemudian Ketikkan perintah berikut sesuai DNS Server anda:
Ping -L 10000 8.8.8.8 -t
<– angka 10.000 itu sebuah bandwith yang sudah sedot silahkan atur sesuai keinginan dan angka 8.8.8.8 adalah contoh IP DNS Server.
Ping DNS

Dan kemudian tekan enter dan tunggu process berjalan, maka secara otomatis CMD akan mengatur setingan koneksi anda dan silahkan memakai wifi tanpa menutup system CMD.

Mereset Alamat IP (IP Address)
Caranya dengan masuk ke CMD (Run as Administrator) kemudian ketikkan perintah berikut:
Ipconfig/release
Ipconfig/renew
Silahkan masukkan kedua perintah diatas satu persatu dan tunggu hingga selesai.

Menggunakan Flush DNS
Flush DNS merupakan perintah pada command prompt yang berfungsi untuk melakukan reset cache DNS resolver. Flush DNS akan menghapus cache DNS lama kemudian menggantinya dengan cache DNS baru. Caranya masuk ke CMD9Run as Administrator) kemudian ketikkan perintah berikut:
ipconfig/flushdns
kemudian enter, dan tunggu prosesnya hingga selesai maka akan muncul tulisan “Successfully flushed DNS Resolver Cache”.
Flush DNS

Mereset Winsock
Apa itu winsock? Winsock adalah antarmuka pemrograman jaringan atau sebuah proses-proses yang isinya konfigurasi koneksi pada komputer. Biasanya jika terjadi kerusakan pada winsock akan berakibat koneksi yang buruk. Untuk melakukan reset winsock, caranya cukup mudah. Buka command prompt kemudian ketikkan perintah :
netsh winsock reset
kemudian tekan enter. Setelah selesai restart komputer untuk menyelesaikan proses reset winsock ini.
WINSOCK

Mempercepat Koneksi Streaming
Mungkin banyak yang sedang streaming video tiba tiba loading dan itu sangat menyusahkan. Atau bahkan memang provider anda membatasi koneksi untuk streaming. Jika Anda membutuhkan kecepatan internet untuk streaming video yang lebih cepat, Anda bisa memasukan perintah pada command prompt berikut :
netsh advfirewall firewall add rule name=”YouTubePerformanceHack” dir=in action=block remoteip=173.194.55.0/24,206.111.0.0/16 enable=yes
Perintah diatas berfungsi untuk mencegah Internet service Provider(ISP) melakukan pembatasan koneksi ketika streaming. Tunggu proses ini hingga muncul tulisan “Ok” pada CMD.
advFirewall

Kesimpulan
Cara diatas dapat anda gunakan jika mengalami koneksi internet yang lambat, Jika masih ada kendala cobalah cek FUP(Fair Usage Policy atau batas pemakaian wajar pengguna) atau tanyakan pada ISP yang sedang Anda gunakan apakah sedang ada gangguan atau tidak. Itulah sedikit tips mempercepat koneksi internet, Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Cara Mempercepat Koneksi WIFI dengan CMD"