Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ternyata Inilah Fungsi Garis Timbul Pada Huruf F dan J Di Keyboard

Keyboard Laptop
Keyboard pada sebuah Komputer atau laptop merupakan komponen yang sudah tidak asing bagi kita. Apalagi dengan Keyboard jenis QWERTY yang biasa digunakan oleh masyarakat indonesia. Tetapi, taukah anda bahwa pada keyboard ada Huruf yang diberi garis timbul, Huruf tersebut adalah F dan J. Mungkin sebagian besar dari kita tidak menyadari dan menganggap itu tidak ada fungsinya. Ternyata tonjolan tersebut merupakan sebuah metode yang ditemukan Frank Edward McGurrin pada 1888. Metode ini bernama touch typing, yaitu sebuah metode mengetik tanpa melihat papan tuts. 

Dilansir dari Liputan6.com bahwa sebelum komputer atau laptop ditemukan, mesin ketik terlebih dahulu hadir dan memiliki susunan papan ketik yang hampir sama dengan komputer atau laptop masa kini. Dengan mengingat letak huruf, angka, dan tanda baca di keyboard, seseorang bisa meningkatkan kecepatan dan akurasinya. 
Mesin Tik
Mesin Ketik
Pada Tombol F dan J inilah merupakan posisi terbaik untuk menempatkan tonjolan berbentuk garis tersebut. Sebab, di sinilah orang-orang secara naluriah mengistirahatkan jari telunjuknya ketika selesai mengetik.
Selain itu berdasarkan cara mengetik 10 jari, jari-jari tangan sebaiknya berada di deretan tombol ASDF di sebelah kiri dan JKL di sebelah kanan. Kemudian saat mengetik, jaga jari-jarimu agar bergerak tak jauh dari tombol-tombol tersebut. 

Jadi fungsi tonjolan pada tombol huruf “F” dan “J” membantu mengidentifikasi tuts di keyboard saat kita mengetik tanpa harus melihat letaknya.

Post a Comment for "Ternyata Inilah Fungsi Garis Timbul Pada Huruf F dan J Di Keyboard"