Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Virus-virus Komputer Dan Pencegahannya


Penjelasan Perangkat Lunak Berbahaya Atau Malicious Software/Malware
Kita sering mengartikan bahwa semua kerusakan system komputer disebabkan oleh virus komputer, padahal sebenarnya Virus Komputer merupakan bagian dari Program perangkat lunak berbahaya (Malicious Software/Malware). Malware merupakan program komputer yang dibuat untuk mengganggu ataupun merusak system dari komputer itu sendiri dan sebagai parasit pada sebuah program yang kemudian meng-cloning diri mereka untuk merusak system keamanan dari software yang terjangkit. Jadi Virus komputer akan menginfeksi file atau program yang sistem keamanannya rendah dan memiliki celah yang cukup untuk virus dapat masuk tanpa disadari.

Jenis Perangkat Lunak Berbahaya
Perangkat lunak ini dapat berupa worm, trojan, backdoor dan yang paling mengerikan yaitu Sality ataupun Rootkit. Virus ini akan bekerja di system komputer dan menyerupai system tersebut dan menyebar dengan cepat ketika pengguna mengeksekusi setup aplikasi yang ingin dimainkan. Sehingga secara tidak langsung ketika virus menyebar dan menginfeksi, maka akan mengganggu kinerja system operasi dan bahkan dapat membuat komputer menjadi Layar Biru( Blue Screen Of Death). Parahnya lagi Virus akan memenuhi Penggunaan Processor dan memaksa processor bekerja keras ketika tidak digunakan.
Secara singkat Virus komputer dikelompokkan sebagai berikut:
  • Malware(Perangkat perusak) : viruses and worms .
  • Cloaking (Penyelubungan) : trojans, rootkits and backdoor.
  • Perangkat perusak yang bertujuan untuk keuntungan : seperti aplikasi pengintai (Spy), jaringan-mayat, perekam ketikan dan pemutar-nomor.
Penanggulangan
Serangan virus dapat dicegah atau ditanggulangi dengan menggunakan antivirus yang selalu up to date dengan database. Antivirus juga mendeteksi dan mampu menghapus virus komputer yang sifatnya belum merusak dan tidak terlalu parah (Low Risk). Virus komputer ini dapat dihapus atau dimatikan dengan basis data dari antivirus (database/Signature-based detection), heuristik level, atau peringkat dari program itu sendiri (Quantum level). Intinya selalu gunakan antivirus yang selalu di update database karena semakin canggihnya teknologi pasti virus-virus baru akan tercipta.
Mengenal Virus-virus Komputer Dan Pencegahannya
Kesimpulan
Butuh waktu untuk virus berkembang, tetapi seiring berjalannya waktu dan dengan kemajuan teknologi yang sangat cepat ini bukan tidak mungkin virus komputer akan bermutasi menjadi virus yang lebih ganas yang dapat merusak Hardware komputer.

Post a Comment for "Mengenal Virus-virus Komputer Dan Pencegahannya"