Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Manfaat Puasa Untuk Kesehatan

Puasa adalah kegiatan menahan lapar dan haus serta hawa nafsu dan segala hal yang dapat membatalkan puasa tersebut dari terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari untuk periode waktu tertentu. Bagi umat islam Puasa Ramadhan adalah merupakan sebuah ibadah wajib yang dilakukan selama satu bulan penuh di bulan ramadhan.
Ternyata selain untuk kebutuhan ibadah, Menurut penelitian, puasa ternyata juga menyehatkan tubuh dan banyak dilakukan untuk kebutuhan medis, misalnya pengecekkan kadar glukosa darah.

Berikut beberapa Manfaat Puasa bagi kesehatan tubuh

1. Menjaga berat badan
Menjaga berat badan
Sumber Gambar: Pixabay
Bukan rahasia lagi jika puasa memang kegiatan yang ampuh untuk kamu yang sedang diet dan ingin mengurangi berat badan, Karena selama puasa usus akan istirahat untuk memproses makanan maka tubuh akan mengambil cadangan lemak untuk mendapatkan energi yang cukup. 

2. Mencegah Penyakit Diabetes
Mencegah Penyakit Diabetes
Sumber Gambar: Pixabay
Diabetes disebabkan karena tingginya kadar gula atau glukosa di  dalam darah. Glukosa yang menumpuk akibat tidak diserap sel tubuh dengan baik dapat menimbulkan gangguan pada tubuh. Jika diabetes tidak dikontrol dengan baik, dapat timbul berbagai penyakit. Dengan berpuasa, hal ini bermanfaat untuk mencegah diabetes. Karena berpuasa mengurangi konsumsi gula, sehingga risiko diabetes bisa ditekan.

3. Dapat Menyehatkan Jantung
Dapat Menyehatkan Jantung
Sumber Gambar: Pixabay
Penyakit jantung merupakan penyakit mematikan yang sangat ditakuti oleh kebanyakan orang. Saat berpuasa tubuh akan meningkatkan high-density lipoprotein (HDL) alias kolesterol baik dan menurunkan low-density lipoprotein (LDL) alias kolesterol jahat yang terbukti bermanfaat untuk kesehatan jantung.

4. Menurunkan Tingkat Kolesterol
Menurunkan Tingkat Kolesterol
Sumber Gambar: Pixabay
Kolesterol tinggi dapat menyebabkan penyakit yang berbahaya seperti stroke dan jantung. Selain kedua penyakit tersebut, kolesterol tinggi juga dapat meningkatkan pembentukan kristal empedu yang dapat mengeras menjadi penyakit yang disebut batu empedu. Dengan Berpuasa terbukti bermanfaat menurunkan tingkat kolesterol dalam darah. Sehingga terhindar dari resiko penyakit stroke dan jantung.

5.  Untuk memperbaiki Fungsi Otak
Untuk memperbaiki Fungsi Otak
Sumber Gambar: Pixabay
Puasa bermanfaat meningkatkan hormon neurotropik yang berfungsi untuk memproduksi lebih banyak sel-sel otak. Dan berdampak pada meningkatnya fungsi otak. Dengan begitu, kemampuan berpikir seseorang tetap terjaga dan meningkatkan kecerdasan.

6. Memperbaiki Pola Makan

Memperbaiki Pola Makan
Sumber Gambar: Pixabay
Biasanya orang tidak akan memperhatikan pola makan mereka. Nah, Dengan pola makan yang berubah ketika puasa tentu kamu akan merasa lapar Ketika siang hari. Tetapi, kamu dapat melatihnya, sehingga kamu mempunyai kesabaran untuk menahan lapar dan terbiasa menjalaninya.
Dengan puasa kamu juga dapat latihan makan dengan porsi yang sesuai yaitu, tidak terlalu banyak dan tidak terlalu sedikit.

7. Mengeluarkan Racun didalam Tubuh
Mengeluarkan Racun didalam Tubuh
Sumber Gambar: Pixabay

Didalam tubuh manusia terdapat banyak racun karena pola makan yang tidak teratur. Denga  berpuasa kamu dapat mengeluarkan racun dalam tubuh. Ketika berpuasa, tubuh akan mengambil cadangan lemak untuk mendapatkan energi. Lemak tersebut yang akan membakar racun dalam tubuh secara bersamaan. Dengan begitu, tubuh akan lebih bersih dan sehat karena kadar racun yang telah berkurang.

Itulah berbagai manfaat puasa bagi kesehatan tubuh. Agar mendapat manfaat yang lebih, konsumsi makanan sehat yang mengandung vitamin sebelum berpuasa dan rajin olahraga supaya tubuh makin sehat.

Post a Comment for "7 Manfaat Puasa Untuk Kesehatan"