Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Komputer Lag? Inilah Tips Merawat Performa Komputer

Komputer dan Laptop merupakan barang elektronik yang sudah umum dimiliki oleh masyarakat, baik itu di rumah, sekolah maupun kantor. Dengan laptop ataupun komputer segala kerjaan ketik mengetik terasa lebih mudah, lalu apa jadinya jika laptop/Komputer kita sudah tua dan terasa sudah tidak mampu menjalankan aplikasi yang dirasa ringan untuk laptop sekarang. Tetapi sebelum anda memilih untuk membeli laptop baru saya sarankan anda mencoba beberapa tips berikut yang dapat membuat laptop lebih segar.

Menjaga Kebersihan sistem
Jika Komputer/Laptop anda terasa berat kemungkinan ada tumpukan sampah yang tidak pernah anda hapus dan anda biarkan terbengkalai yang menyebabkan system terus menerus membaca tumpukan sampah yang tidak terpakai tersebut. untuk membersihkan sampah pada system anda dapat menggunakan Aplikasi bawaan Windows atau menggunakan software pihak ke 3 seperti CCleaner atau Advanced System Care yang dapat anda unduh di link resmi mereka, saran saya gunakan CCleaner(Pemula) dan ASC(Profesional) karena aplikasi bawaan windows tidak sepenuhnya menghapus sampah yang bersemayam di system laptop atau komputer anda.
Untuk menggunakan Aplikasi Bawaan caranya cukup mudah, anda cukup klik kanan pada Disk yang ingin dibersihkan kemudian klik Disk Cleanup, lalu checklist pada berkas yang ingin dihapus.

Menjaga Keamanan System
Laptop/Komputer yang tidak memiliki Antivirus sangat rentan diserang virus yang dapat merusak System Operasi anda dan dampaknya laptop/Komputer anda akan terasa lebih lambat dalam segala hal dan tidak menutup kemungkina dapat merusak hardware Laptop/Komputer karena ERROR.
jadi gunakanlah antivirus yang rutin di Update databasenya, karena meskipun anda memiliki antivirus tetapi tidak pernah diupdate maka proteksi dari Antivirus tersebut tidak lah berfungsi. Anda dapat menggunakan Windows Defender bawaan dari Microsoft atau menginstal Antivirus pihak ke 3 seperti AVAST atau KASPERSKY. Dan perlu diingat bahwa anda tidak perlu menginstall banak-banyak antivirus pada Laptop/Komputer anda karena hanya akan membebani kinerja Laptop/Komputer anda.

Menjaga Performa System
Untuk yang satu ini anda perlu sedikit mengeluarkan dana karena anda perlu mengupgrade beberapa komponen yaitu RAM(Random Acess Memory), HardDisk dan Processor+VGA(untuk Komputer). Untuk laptop sendiri anda cukup upgrade RAM anda yang dulunya 2GB dapat anda tingkatkan menjadi 8GB agar performa laptop menjadi stabil dan aksesnya lebih cepat. dan juga anda dapat mengupgrade Harddisk anda menjadi SSD agar lebih cepat dalam proses loading dan membuka aplikasi. dan untuk PC, anda dapat mengupgrade RAM, Processor,VGA, kipas dan lain-lain.

Kesimpulan: Untuk tetap menjaga performa laptop/Komputer memang rumit dan memerlukan tenaga extra dan lebih baik anda sering-sering untuk membersihkan bagian-bagian dalam Laptop/Komputer karena debu dan kotoran tersebut juga dapat mengganggu kinerja system.

Post a Comment for "Komputer Lag? Inilah Tips Merawat Performa Komputer"