Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa itu PortableBaseLayer Partition, Kenapa Ada di Windows 10 ?

Apa itu PortableBaseLayer Partition, Kenapa Ada di Windows 10 ?
Ketika sedang mengotak-atik windows dan membuka Manajemen Disk, mungkin Anda akan menemukan sebuah Disk bernama PortableBaseLayer yang memakan space lumayan banyak. Tetapi tenang saja karena fitur ini merupakan sebuah drive virtual yang muncul setelah adanya pembaruan Windows 10 pada versi 1903. Lalu untuk apa Portable Base Layer ini? Simak penjelasannya berikut.

Setelah meng-upgrade atau meng-install ulang Windows 10 ke versi 1903 (dengan kodename 19H1), maka secara otomatis Manajemen Disk akan menampilkan drive tambahan yang bernama PortableBaseLayer dengan ukuran sekitar 8GB
Apa itu PortableBaseLayer Partition, Kenapa Ada di Windows 10 ?

Ketika PortableBaseLayer pada Disk Management ini di klik kanan, maka semua opsi kecuali Properti dan help akan berwarna abu-abu alias tidak dapat di hapus ataupun diubah.
Apa itu PortableBaseLayer Partition, Kenapa Ada di Windows 10 ?
Drive PortableBaseLayer juga akan muncul di jendela Disk Defragmenter atau Optimize drive sebagai hard disk virtual. 

Apakah PortableBaseLayer Partition terkait dengan Windows Sandbox ?
Dalam berbagai forum banyak yang mengatakan keterkaitan dengan Windows Sandbox, karena Disk ini muncul ketika fitur ini diaktifkan dan menghilang ketika dihapus dari Fitur Windows.
Sebenarnya Fungsi Windows Sandbox ialah memastikan perangkat lunak yang mencurigakan tidak mendapatkan akses ke file System yang memang dirancang untuk menjalankan aplikasi atau software secara aman dan terpisah.
Bagaimana Cara Menonaktifkan atau MengaktifkanSandbox
Untuk menonaktifkan dan mengaktifkan Windows Sandbox, caranya sangat mudah. Buka Pencarian Windows kemudian ketikkan "Turn Windows Features On or off" pada Windows Search, kemudian scroll kebawah dan pilih atau checklist Windows Sandbox untuk mengaktifkan dan uncheklist untuk menonaktifkan. Kemudian Pilih OK untuk menginstal Windows Sandbox. Lalu Retart lah Komputer Anda agar Sandbox dapat bekerja.
Apa itu PortableBaseLayer Partition, Kenapa Ada di Windows 10 ?

Seperti inilah tampilan Windows Sandbox !
Apa itu PortableBaseLayer Partition, Kenapa Ada di Windows 10 ? 

Apakah PortableBaseLayer Ada Kaitan dengan Penyimpanan Cadangan ?
Bahkan jika Anda belum mengaktifkan Windows Sandbox, dan Anda dapat melihat Penyimpanan Cadangan di bagian Penyimpanan. Beberapa pengguna Windows, setelah memperbarui ke v1903, telah melaporkan tentang hal itu. Tidak seperti Sandbox, tidak ada cara untuk menyingkirkan fiturnya secara langsung, tetapi Anda dapat mencoba mengubah kunci registri untuk melihat apakah itu membantu.

Masuk Registry Editor pada windows search dan cari key berikut :
HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\ReserveManager
Value name: ShippedWithReserves (REG_DWORD)
0 = Disable (default)
1 = Enable

Disk Cadangan ini, hanya akan muncul ketika Anda baru menginstal Windows 10.

Apakah partisi PortableBaseLayer muncul di File Explorer?
Tidak, tetapi jika itu muncul di File Explorer, berikut adalah cara menghapus disk jika muncul.
Buka jendela Command Prompt dengan hak admin. Ketik perintah berikut ini, di mana volumeX adalah huruf drive yang ingin dhapus:
mountvol volumeX /d
Setelah mengetik perintah, tekan Enter. Huruf drive tidak akan lagi muncul di File Explorer dan Manajemen Disk. Tutup jendela Command Prompt. 

Kesimpulan
Tidak ada sumber resmi dari microsoft yang berbicara tentang hal ini, tetapi orang-orang dapat menyimpulkan bahwa partisi virtual PortableBaseLayer diperlukan oleh Windows Sandbox, Ruang Penyimpanan Tercadangkan, atau bahkan mungkin fitur perlindungan Windows Defender Application Guard. Hal ini diperlukan oleh sistem operasi, jadi biarkan saja.

Post a Comment for "Apa itu PortableBaseLayer Partition, Kenapa Ada di Windows 10 ?"