Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

8 Tips Mudah Menjaga Kesehatan Tubuh

Ketika sedang menjalani aktivitas kegiatan kerja sehari-hari seringkali membuat badan kita jadi gampang capek dan rentan sakit. Jam kerja yang padat sering kali menimbulkan kelelahan fisik dan membuat pikiran mudah stress. Dengan banyaknya kesibukan yang kita jalani, kadang membuat kita lupa betapa pentingnya menjaga kesehatan dan menerapkan pola hidup sehat.

Mungkin sekilas ini terdengar sepele dan hal biasa, tapi jika tips ini dilakukan, maka anda akan merasakan manfaatnya. Berikut ini beberapa tips yang akan sangat membantu anda jika ingin hidup sehat !

1. Mencukupi Kebutuhan Nutrisi Dalam Tubuh
8 Tips Mudah Menjaga Kesehatan Tubuh
Pola hidup sehat selalu didukung dengan asupan nutrisi yang cukup untuk tubuh. Maka cukupilah kebutuhan dasar tubuh anda dengan 4 sehat 5 sempurna dalam makanan yang anda konsumsi sehari-hari. Dan juga perbanyak mengonsumsi sayur-sayuran dan buah yang segar. Lebih baik hindari memakan makanan cepat saji (junk food) karena sangat tidak baik untuk kesehatan dan jika terlalu banyak dikonsumsi, akan membuat tubuh rentan terkena penyakit.

2. Minum Air Mineral Secara Rutin
8 Tips Mudah Menjaga Kesehatan Tubuh
Tubuh kita terdiri dari 80% air, Jika kebutuhan air dalam 1 hari saja kurang maka kita akan mengalami yang namanya Dehidrasi. Untuk itu perbanyaklah minum air mineral minimal 8 gelas per hari secara rutin sehingga akan sangat membantu melancarkan metabolisme dalam tubuh. Air mineral yang tercukupi akan menghindarkan tubuhmu dari dehidrasi berat dan kurangnya konsentrasi selama beraktivitas.

3. Jangan Lupa Mengkonsumsi Vitamin
8 Tips Mudah Menjaga Kesehatan Tubuh
Vitamin sangat berguna bagi kekebalan dan daya tahan tubuh. Selain mengonsumsi vitamin yang banyak beredar di pasaran, anda juga bisa mendapatkan vitamin dengan mengkonsumsi banyak buah-buahan atau sayuran yang tinggi kandungan Vitamin nya.

4. Luangkan Waktu Untuk Berolahraga 8 Tips Mudah Menjaga Kesehatan Tubuh
Meskipun aktivitas yang anda jalani sangat padat. Cobalah luangkan waktu untuk berolahraga paling tidak 3 kali dalam seminggu atau melakukan gerakan ringan minimal 30 menit, agar tubuhmu tidak mudah lelah dan sakit. Olahraga tidak harus di pusat kebugaran atau tempat fitness saja, teapi anda bisa melakukannya sendiri di rumah/lingkungan sekitar anda, banyak olahraga yang dapat dilakukan seperti jogging pagi, push up, pull up dan lain-lain, serta jangan lupa melakukan pemanasan dan peregangan.

5. Istirahat Yang Cukup
8 Tips Mudah Menjaga Kesehatan Tubuh
Jika pekerjaan anda terlalu membebani dan anda sering menggunakan ponsel ketika bekerja ataupun istirahat maka lebih baik hindari penggunaan ponsel terlalu lama apalagi ketika sedang baringan, lebih baik manfaatkan waktu istirahat untuk tidur siang selama 15 menit. Dan jaga pola tidur anda dengan istirahat yang cukup antara 6-8jam untuk membuat badan anda segar ketika bangun dipagi hari. Dan ingat untuk mematikan lampu dan ponsel ketika tidur agar mata tidak terjaga dan tidur anda menjadi lebih nyenyak.

6. Manjakan Diri Atau Melakukan Relaksasi
8 Tips Mudah Menjaga Kesehatan Tubuh
Memiliki jam kerja yang sangat padat membuatmu mengabaikan kondisi fisik tubuhmu. Agar tidak stress dengan beban kerja, maka sebaiknya luangkan waktu sebentar saja untuk melakukan serangkaian treatment relaksasi tubuh (pijat/urut) agar kondisi badan kembali fit dan bugar.

7. Luangkan Waktu Libur Untuk Refresing
8 Tips Mudah Menjaga Kesehatan Tubuh
Hari libur merupakan waktu berharga untuk mengistirahatkan tubuh, ada baiknya jika diluangkan waktu tersebut untuk keluar rumah. Tidak harus ditempat mewah dan jauh. Bisa dengan hanya sekedar jalan-jalan sebentar untuk mengurangi stres setelah lelah bekerja. Jika anda memiliki banyak waktu libur anda dapat menggunakannya untuk refresing ke pantai, mendaki gunung dan menikmati indahnya alam.

8. Banyak Bersyukur Dan Jangan Lupa Tersenyum
8 Tips Mudah Menjaga Kesehatan Tubuh
Sedikit atau banyak rejeki yang anda dapatkan , Jangan lupa untuk selalu bersyukur dan berterimakasih kepada Tuhan. Semoga sesuatu yang telah anda raih memberikan keberkahan dan manfaat dalam hidup dan jangan lupa untuk tersenyum apapun kondisi anda saat itu.
Sehat itu mahal harganya, maka Mulailah hidup sehat dari sekarang.

Post a Comment for "8 Tips Mudah Menjaga Kesehatan Tubuh"