Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Ampuh Mengompres Ukuran File Menjadi Sangat Kecil

Cara Ampuh Mengompres Ukuran File Menjadi Sangat Kecil
File yang kita simpan di laptop tentu memiliki ukuran yang berbeda-beda, dan tentu memakan ruang disk yang berbeda, Jika kita menyimpan file pada Disk yang sudah hampir penuh tentu membuat kita bingung, apakah perlu membeli hard disk baru untuk menyimpan file tersebut atau ada solusi lain. Nah, pada Tutorial kali ini saya akan membahas tentang cara mengompres ukuran file atau dokumen menjadi lebih kecil dengan bantuan software yang menurut saya sudah umum digunakan dan ukurannya juga kecil hanya 1.3MB saja, Namanya adalah 7zip.
Dengan aplikasi ini kita dapat mengopress data atau file menjadi tertata dan lebih kecil bahkan lebih kecil dari WinRAR. Aplikasi ini sangat mudah digunakan dan memiliki tampilan yang simple. Berikut ini cara mengompress file dari ukuran yang besar menjadi ukuran kecil tetapi tergantung pada jenis file yang akan dikompresikan dan biasanya rasio nya juga akan berbeda pada setiap jenis file, misalnya file berformat ".BIN" yang sampai saat ini menurut saya susah untuk dikompres.
Berikut ini cara mengompres file dengan 7Zip agar ukurannya menjadi kecil

1). Pertama download terlebih dahulu aplikasi 7Zip nya dari situs resmi nya
https://www.7-zip.org
Cara Ampuh Mengompres Ukuran File Menjadi Sangat Kecil

2). Kemudian install dan buka aplikasi tersebut, disana terdapat beberapa menu utama, langsung saja klik Computer dan cari file yang akan dikompres, untuk lebih mudahnya anda pilih dulu file yang akan dikompres kemudian klik kanan file tersebut dan select 7-Zip dan klik add to archive.
3). Disini akan ada beberapa settingan yang perlu diterapkan yaitu:
  • Pada bagian Archive isi nama archive tersebut dengan tetap meninggalkan format .7z
  • kemudian pada Archive Format pilih saja 7z
  • lalu Compression level pilih Ultra
  • Compression method pilih LZMA2
  • Dictionary size nya disesuaikan dengan memory RAM kalian karena setiap size memiliki ukuran yang berbeda dan semakin tinggi semakin baik kompresinya.
  • Word Size pilih saja 128
  • Solid block size ini untuk memberikan anda pilihan apakah mau terdiri dari beberapa part atau tidak, saran saya pilih Solid
  • Number of CPU threads ini adalah jumlah core processor yang anda gunakan untuk melakukan kompresi file, tergantung processor laptop atau PC anda.
  • dan terakhir untuk mengamankan data anda silahkan anda checklist pada pilihan Encrypt file names beri password pada file atau dokumen anda.
4). setelah selesai klik OK dan tunggu hingga pengompresan selesai dan lihat hasilnya.

Kesimpulan : 
Dengan aplikasi ini kita dapat membuat file yang ukurannya besar menjadi kecil sehingga lebih hemat ruang pada hardisk anda dan telihat lebih tertata, dan itu semua sekali lagi tergantung dari jenis file yang akan dikompresi karena setiap file memiliki rasio kompressi yang berbeda.
Jika ada pertanyaan dan saran silahkan tulis di kolom komentar.

Post a Comment for "Cara Ampuh Mengompres Ukuran File Menjadi Sangat Kecil"